Mengakhiri layanan pantai – State of the Planet

Kami sedang menyelesaikan dua situs terakhir untuk bagian perjalanan saya ini. Kami memiliki instrumen GNSS (istilah umum untuk GPS) pada bangunan untuk mengukur penurunan permukaan tanah di bawahnya, dan RSET-MH (Rod Surface Elevation Table-Marker Horizon) untuk mengukur pemadatan/penurunan permukaan tanah di atas batang yang ditancapkan jauh ke dalam tanah. Selama perjalanan ini kami juga mengambil sampel sedimen setinggi satu meter menggunakan auger. Pada bagian perjalanan ini, kami melakukan perjalanan dengan perahu melalui saluran air yang saling terhubung di Hutan Mangrove Sundarban.

Tanvir dan Zohur sedang mencari sedimen Marker Horizon di sawah di Jorshing.

Dalam perjalanan ke utara dari Hiron Point, pemberhentian terakhir kami, kami bermalam di sebuah tempat bernama Kaga Dubaki yang masih berada di dalam Hutan Mangrove Sundarbans. Kami menghabiskan banyak waktu keesokan harinya untuk terus berlayar ke utara. Saat kami meninggalkan Sundarbans, layanan seluler kembali aktif dan kami bergegas mengunduh email dan melakukan panggilan telepon. Kami tiba di lokasi kami berikutnya, Jorshing pada sore hari.

Zohur, Masud dan Mim mengambil sampel inti auger di Jorshing.

Saat tim RSET dan auger berangkat ke stasiunnya masing-masing, Zohur dan saya pergi ke sekolah/tempat penampungan topan tempat penerima GNSS berada. Karena hari itu hari Jumat, Kepala Sekolah dan wali menemui kami untuk mengizinkan kami masuk. Kotak perkakas tersebut berada di wadah toilet yang tidak terpakai di luar kantor Kepala Sekolah. Website ini sudah setahun tidak mengirimkan data. Saat kami cek baterainya baik-baik saja, masalahnya ada di kartu SIM dan modemnya. Kartu SIM terkunci dan modem masih menyediakan VPN lama. Namun, karena saat itu tengah malam, saya tidak dapat menghubungi kontak saya di AS untuk meminta bantuan.

Ruang kelas penuh warna di sekolah yang menampung stasiun GNSS.

Untungnya tim RSET hanya bisa melakukan satu RSET, sehingga harus melakukan satu lagi di pagi hari. Mereka berpasangan, satu di dalam dan satu lagi di luar benteng yang melindungi kawasan tersebut, namun juga membahayakannya. Di polder (pulau tebing), banjir dan sedimentasi terbatas, sehingga daerah tersebut mengalami surut dan kehilangan ketinggian tanpa adanya sedimen yang cukup. Hal ini berarti bencana bagi lokasi terakhir kami di Polder 32. Di sana, Topan Aila menerobos polder (tanggul) pada tahun 2009 dan membanjiri pulau tersebut selama hampir dua tahun hingga tanggul tersebut berhasil dibangun kembali. Kami mengukur tanah di sana 1-1,5 m di bawah permukaan alami di luar polder. Sekitar 10.000 keluarga kehilangan rumah mereka akibat bencana tersebut. Inilah sebabnya mengapa memahami penurunan muka tanah, pengendapan, dan perubahan ketinggian sangat penting di sini.

Mainkan bola voli di Jorshing.

Zohur dan saya bergabung dengan RESET dan tim auger saat mereka menyelesaikannya. Lalu saya ikut bermain voli di halaman sekolah sambil menunggu perahu desa membawa kami kembali ke Bawali. Para pemainnya sangat bagus dan usianya hanya sedikit dari saya; Saya melakukan yang terbaik untuk bersaing.

Zohur belajar mengunduh data dari stasiun GNSS.

Di pagi hari, Zohur dan saya kembali ke GNSS dan menelepon Ken Austin, yang akan bergabung dengan saya di Bangladesh dalam waktu kurang dari seminggu. Dia mengarahkan saya untuk mengupgrade VPN, tetapi SIM masih bermasalah. Zohur keluar dan membeli yang baru, sementara aku menunggu. Ketika dia tiba dengan kartu SIM baru, dia bisa terhubung ke jaringan seluler. Ken masih tidak dapat menyambungkannya, masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan yang dapat dilakukan dari jarak jauh dari AS. Jika ya, Zohur sedang berlatih menyambung ke GNSS dan mengunduh data. Dengan cara ini tim RSET dapat mengunduh data sesuai kebutuhan dari GNSS selama layanan RSET dua tahunan mereka berjalan. Sebuah speedboat datang untuk membawa kami ke lokasi RSET, namun sesampainya di sana, yang lain sudah selesai.

Speedboat yang datang dari Bawali menjemput kami.

Setelah selesai, kami menuju utara menuju Polder 32. Karena ini adalah fokus proyek sebelumnya, terdapat 8 RSET di sini, 4 di Sundarbans di Suterkhali dan 4 di dalam Polder di Sreenager, keduanya di sisi selatan pulau. Selain itu saya juga mengetahui ada SSET (Shallow Surface Elevation Table). Ada dua, tapi satu rusak. RSET berada berpasangan, dekat dengan tanggul atau pantai, dan di bagian dalam polder atau hutan. GNSS saya berada jauh di Gunari di sudut barat laut pulau. Diperlukan waktu 2 hari untuk menyelesaikan semua RSET ini. Kami telah mempelajari penurunan permukaan tanah di Polder 32 sejak tahun 2012. Hal ini menjadi fokus karena adanya bencana di sana, namun banyak pulau berbenteng juga menghadapi masalah yang sama yaitu penurunan permukaan tanah dan genangan air, karena bagian dalamnya kini lebih rendah dari permukaan sungai.

Saat mendekati Polder 32, kami melihat sejumlah besar nelayan menggunakan jaring di Sungai Shibsa, memanfaatkan air pasang untuk menggiring ikan ke jaringnya. Banyak dari mereka berasal dari Kalibogi, dimana semenanjung yang panjang dan sempit telah terpecah belah sehingga para petani kehilangan lahan dan beralih menjadi nelayan.
Austin dan Zohur beristirahat di dek atas saat kami berlayar menuju tujuan berikutnya.

Kami mulai dengan situs Sundarbans. Kami semua bangun pagi-pagi, namun kabut menghalangi kami memasuki hutan hingga pukul 10 pagi. Hutan yang dihuni Harimau Benggala tidak akan aman jika tidak terlihat. Lokasi pertama berada di dekat stasiun penjaga hutan dan kami membuat lubang auger yang dalam sementara tim RSET melakukan RSET dan SSET. Situs kedua berjalan lebih lama di belakangnya dan kami semua mengambil bagian dalam pengukuran RSET cepat. Untuk sampai ke lokasi RSET berikutnya kami naik perahu pedesaan menyusuri sungai pasang surut. Setelah selesai, kami kembali ke Bawali untuk makan siang.

Tangga panjang di dermaga stasiun Penjaga Hutan diperlukan untuk mengatasi rentang pasang surut yang besar.

Saat ini air pasang sudah cukup tinggi sehingga kami harus berjalan beberapa kilometer menyusuri saluran pasang surut menuju lokasi akhir RSET. Kami melihat sejumlah burung di jalan, kuntul, elang, dan bangau. Kami juga melakukan auger di sini. Lumpur lunak di Sundarbans lebih bisa dilewati dan kedalaman kami melebihi 4 meter. Kami memutar musik keras untuk mengusir harimau itu. Itu membuat situs Sundarbans terakhir kami menjadi lebih menyenangkan. Kami melihat tanda-tanda rusa dan babi hutan, tetapi tidak ada tanda-tanda pesek (jejak kaki harimau). Setelah kembali ke Bawali, kami berlayar sebentar ke Sreenagar.

Zohur, Tanvir, dan Sazzad mengukur RSET sementara Masud, Mim, dan Austin berlarian di latar belakang hutan bakau.
Salah satu dari banyak burung kuntul yang kami lewati dalam perjalanan menuju stasiun RSET yang berada jauh di pedalaman.

Keesokan paginya, tim RSET dan auger naik speedboat ke pantai, sedangkan saya dan Zohur, bersama Rifat dan Iyasin dari Bawali naik speedboat ke Gunari, tempat GNSS saya berada, sekitar separuh pulau. Ketika kami tiba, ghat (dermaga) sudah hilang. Saya tidak terlalu kecewa karena jalan setapak dari ghat ke pantai selalu sangat menakutkan. Sebaliknya, kami hanya berebut karung pasir yang melindungi pantai. Rifat ikut, untungnya membawa baterai 80 Ah yang berat. Penjaga mengizinkan kami masuk dan saklar baterai tidak butuh waktu lama. Panggilan cepat kembali ke AS mengonfirmasi bahwa GNSS masih online setelah kami bekerja.

Sebuah perahu desa membawa tim RSET dan auger ke pantai di Sreenagar di Polder 32.
Patung Saraswati, dewi pendidikan Hindu, di sebuah kuil di halaman sekolah di Gunari. Komunitas ini, dan komunitas di Sreenagar, sebagian besar beragama Hindu.

Kembali ke Sreenagar, kami bergabung kembali dengan tim lain untuk situs “dalam” mereka. Saat air surut, kami harus mengarungi lumpur tebal untuk mencapai pulau tersebut. Bergabung dengan mereka, kami membuat rekor baru, mencapai 5,85 m (19,2 kaki). Di salah satu stasiun RSET, keluarga pemilik tanah yang sangat baik menambahkan lumpur untuk memperbaiki jalan setapak menuju lokasi, sehingga mengubah ketinggian sisinya. Seperti yang dikatakan Sazzad, “Terlalu banyak layanan merusak pengumpulan data”. Setelah selesai, pihak keluarga mentraktir kami asam jawa dan boroi segar (buah kecil yang bentuknya seperti persilangan antara apel dan pir. Boroi ini lebih asam dari pada manis, ternyata ini buah aslinya, sebelum dimodifikasi manusia menjadikannya manis. .

Masud, Mim dan Austin bersiap memasukkan poros auger panjang ke dalam lubang di Sreenagar. Pertanian ditinggalkan karena air tanah yang asin menghalangi irigasi selama musim kemarau. Hanya 1 kali panen padi per tahun yang diperbolehkan di sini.

Kami sekarang telah menyelesaikan semua layanan pengumpulan data dan peralatan di pantai Bangladesh. Bawali sedang menuju kembali ke Khulna. Besok pagi, kami akan meninggalkan perahu dan Rofi akan menemui kami di mobil vannya dan mengantar kami kembali ke Dhaka, bersama dengan semua data yang kami kumpulkan dan 100-150 sampel sedimen dari augering. Keesokan harinya Austin akan kembali ke New York. Keesokan harinya, postdoc saya yang lain, Lin Shen, dan seorang insinyur geodesi, Ken Austin, akan tiba. Di sela-sela itu, saya mempunyai beberapa pertemuan lagi yang dijadwalkan di Dhaka. Kami bertiga, bersama Sanju Singha, akan menuju ke timur dan utara bersama Babu, pemandu jangka panjang kami, ke wilayah Bangladesh yang terkena dampak gempa. Di sini kami akan memperbaiki, menyervis, dan menginstal GNSS selama seminggu lagi. Sementara itu, saya dapat menikmati keberhasilan menyelesaikan tugas lapangan bagian pertama selama 4 jam perjalanan kembali ke Khulna.

Austin dan Tanvir mengarungi lumpur tebal saat air pasang surut untuk kembali ke perahu pedesaan
Foto bersama di akhir kerja lapangan pantai. Dari kiri ke kanan, Mim, Masud, aku, Sazzad, Tanvir, Austin dan auger, dan Zohur.