Kembali ke Sundarbans – Keadaan Planet Ini

Keesokan harinya, 26 Februari, kami menuju ke barat dari Khulna ke Baintola di Distrik Assasuni untuk melayani GNSS saya yang mengukur penurunan permukaan tanah, melakukan pengukuran ketinggian dan sedimen di RSET-MH (cakrawala penanda tabel elevasi permukaan batang) dan mengambil sampel inti menggunakan auger. Secara keseluruhan, hal-hal ini akan berkontribusi dalam memahami keseimbangan kenaikan permukaan laut, penurunan permukaan tanah, dan sedimentasi, yang merupakan hal penting bagi delta dataran rendah di Bangladesh. Ini adalah situs keempat dari sembilan lokasi di pantai Bangladesh yang kami kunjungi selama perjalanan saya ini.

Austin, Sazzad dan Zohur di salah satu sepeda van yang kami tumpangi sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Perjalanan panjang lagi jadi kami mulai jam 6 pagi berhenti untuk sarapan dan minum teh sore. Di kawasan ini, kami banyak melewati tambak udang yang tanahnya terlalu asin untuk ditanami padi. Banyak peternakan yang terbengkalai dan digunakan untuk penggembalaan ternak di musim kemarau. Padi hanya bisa ditanam pada musim hujan. Namun terkadang kita melihat sawah yang menggunakan varietas khusus tahan garam. Setelah beberapa jam berkendara, kami berhenti sekitar 5 km sebelah utara lokasi. Dari sini jalannya sangat buruk sehingga kami tidak bisa masuk ke dalam van. Kami beralih ke dua van sepeda listrik. Dan jalannya sama buruknya dengan yang diiklankan. Musim hujan telah tiba dan batu bata jalan salah tempat, hanyut, atau terbalik. Butuh waktu hampir satu jam untuk peregangan terakhir itu. Kami akhirnya mencapai sekolah/tempat perlindungan topan dengan GNSS di atapnya. Bergabung dengan Sakib dari BRAC, LSM terbesar di dunia. BRAC adalah bagian dari proyek tempat saya terlibat dalam merancang intervensi untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim di SW Bangladesh.

Sakib dan Zohur mengangkat salah satu baterai ke atap sekolah dasar/tempat perlindungan topan yang menampung stasiun GNSS BNTL saya.

Kami membawa baterai dan peralatan menaiki tangga menuju atap. Ternyata baterainya masih bagus. Namun modemnya tidak terhubung. Saya mengunduh datanya, dan dengan bantuan melalui telepon dari EarthScope, saya masuk ke modem dan meningkatkan pengaturannya, namun, kami masih tidak dapat terhubung. Kami berharap itu hanya sinyal seluler yang lemah, tapi yang ini tidak tersambung. Saya harap saya dapat kembali lagi di masa mendatang dengan insinyur EarthScope. Sedangkan tim RSET dapat mengunduh data setiap 6 bulan jika diperlukan.

Antena di atap sekolah dengan pemandangan sungai dan lapangan dari BNTL

Dari sini, kami menaiki van melewati jalan yang lebih kasar untuk bergabung dengan tim RSET dan auger, mengukur penurunan permukaan tanah dangkal dan sedimentasi di lokasi kedua mereka. Yang ini berada di luar benteng, namun saat ini terputus dari Sungai Kobadak karena sedang dikeruk. Pada tahun 2019, kami mengarungi sungai ini untuk membangun situs ini. Sekarang di bagian selatan, wilayah ini sepenuhnya terputus dari tambak udang. Di sebelah utara, pengerukan telah selesai dan tanggul baru sedang dibangun di sepanjang saluran yang kini lebih kecil. Untungnya, ketika kami selesai, pengemudi sepeda motor mengetahui rute alternatif yang baik untuk menyeberangi sungai, dan kami melaju melalui rute tersebut kembali ke mobil van kami.

Pemandangan Sungai Kodak yang sedang dalam proses pengerukan. Aliran sungai dialihkan dan sebuah bendungan di tepi area pengerukan terlihat di latar belakang.

Sakib mengantar kami ke kantor BRAC dan kembali makan siang pada jam 5 sore, kemudian minum teh dan snack bersama anggota tim BRAC yang saya temui di Dhaka. Saat kami selesai dan kembali ke Khulna, waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam.

Bunga teratai di kolam di Universitas Khulna.

Untungnya, hari berikutnya sangat mudah. Zohur dan saya memiliki situs GNSS di Universitas Khulna, berjarak 15 menit. Kondisinya baik dan tidak memerlukan perbaikan. Kami mengunjungi universitas dan pergi makan siang. Kemudian saya dan Masud menghadiri pertemuan dengan Kepala Dinas Kehutanan provinsi, yang sangat tertarik dengan pekerjaan kami dan implikasinya terhadap keberlanjutan Hutan Mangrove Sundarbans.

Saya akhirnya melihat Harimau Benggala di kantor Kehutanan, sayangnya hanya kulitnya saja.

Kini saatnya kita berangkat ke Sundarbans, hutan bakau terluas di dunia. Di malam hari, kami pergi ke ghat(dermaga), dimana kami ditemui oleh awak kapal M/V Bawali. Mereka memasukkan semua barang bawaan dan perlengkapan kami ke dalam perahu kayu dan berlayar menyeberangi sungai menuju Bawali. Ada beberapa wajah yang akrab bagi saya dan Masud, tetapi bagi anggota tim kami yang lain, ini adalah pertama kalinya mereka berada di Bawali dan Sundarbans. Istri Masud, Afroza Mim, juga bergabung dengan kami karena dia belum pernah ke Sundarbans.

MB Bawali, rumah kami minggu depan. Bawali artinya penebang kayu.

Selagi kami makan malam, para kru mulai berlayar menyusuri Sungai Pusur sebelum berhenti untuk bermalam. Saat kami bangun, Bawali telah bergerak menuju Katka dan kami menyaksikan hutan bakau terbesar di dunia lewat. Kami tiba sore hari dan berangkat menuju RSET, dikawal oleh penjaga bersenjata anti harimau. Saya tidak punya GNSS di sini, jadi saya ikut, terutama membantu tim auger. Di hutan yang berlumpur lembut, kami mencapai 4,4 meter, atau hampir 14 ½ kaki.

Kawanan rusa kami saksikan dari menara observasi baru di Katka di Hutan Mangrove Sundarban.

Setelah menyelesaikan pekerjaan kami hari itu, kami punya waktu untuk jalan-jalan. Kami naik perahu pedesaan ke menara observasi di sisi timur sungai. Saat hari sudah sore, kami melihat banyak rusa sumbu tutul. Faktanya, ada sekelompok ~200 orang di selatan menara. Dan banyak monyet juga. Kami memperhatikan mereka dan mengambil gambar. Puas, kami menyeberangi sungai untuk berjalan-jalan di hutan Katka. Sekali lagi banyak monyet, dan beberapa kawanan kecil rusa. Saat matahari terbenam, kami menyeberang ke pantai untuk berjalan-jalan kembali. Kami melewati reruntuhan tempat pembakaran garam berusia 300 tahun. Ini telah digunakan untuk mengukur penurunan muka tanah karena sekarang tidak lagi berada pada atau di atas permukaan air pasang. Kami juga melewati reruntuhan bangunan dinas kehutanan yang hancur akibat Topan Sidr pada tahun 2007. Di dekat jalan kayu menuju perahu kami, dua ekor babi hutan sedang menunggu kami di tepi jalan kayu, sedang merumput dengan tenang di pantai. Itu adalah hari pertama yang luar biasa di Sundarbans.

Seekor monyet yang kami temui di sepanjang jalur hutan Katka.

Pada malam hari Bawali berlayar ke barat menuju Pulau Tincona (Segitiga). Kami rindu melihat masa lalu Sundarbans, tapi ini membuat kami lebih cepat dari jadwal. Di pagi hari cuaca tenang memungkinkan kami menyeberangi Sungai Pusur selebar 10 km menuju Hiron Point. Seperti banyak saluran pasang surut, Pusur melebar ke arah mulutnya di Teluk Benggala. Hiron Point berada di sepanjang saluran pasang surut yang lebih kecil, tetapi baru-baru ini terdapat lahan baru. Kita harus mengikuti saluran yang ditandai untuk mendekatinya. Saat kami melakukannya, saya menyadari bahwa kami lupa toolkit GNSS di Bawali. Setelah mengirimkan tim RSET/auger, kami harus kembali ke Bawali. Untuk menghemat waktu, speedboat keluar menemui kami, sehingga penundaannya tidak terlalu lama.

Reruntuhan salah satu tempat pembakaran garam berusia 300 tahun di Pantai Katka.

Untungnya kami hanya perlu mengganti baterai di HRNP. Itu tetap online, jadi semua datanya dikumpulkan setiap hari melalui internet. Pemantauan juga menunjukkan bahwa baterainya habis. Hal ini terjadi dengan cepat, sehingga kami dapat bergabung dengan orang lain di saluran tersebut. Zohur bergabung dengan tim RSET dan saya bergabung dengan tim auger, yang sekarang beranggotakan Mim. Setelah selesai, kami makan snack pisang dan jambu biji, lalu berjalan-jalan menyusuri jalan setapak melewati hutan. Jalan setapak kayu rusak dan runtuh yang saya lewati tadi kini telah diganti dengan beton. Di ujung sana terdapat menara observasi, namun karena saat itu tengah hari, tidak ada binatang yang terlihat. Nasser dan perahu desa berlayar menjemput kami di ujung jalan setapak. Kami kemudian berlayar melalui alur pasang surut yang panjang sebelum bertemu Bawali.

Austin, Masud dan Mim mengembalikan auger ke dalam lubang untuk sampel berikutnya di Hiron Point. Mereka turun 14 kaki ke dalam lumpur bakau yang lembut di lokasi ini.
Zohur dan Sazzad melakukan pengukuran RSET di Hiron Point. Lengan dengan 9 batang diputar ke 8 posisi berbeda untuk mendapatkan 72 titik elevasi.

Stasiun kami di Sundarbans sudah siap. Kami berhenti untuk bermalam di Sundarbans, tapi besok kami akan berlayar keluar dari sana. Stasiun kami berikutnya berada di desa yang berbatasan dengan Sundarbans, dan beberapa RSET berada di Sundarbans. Sundarbans adalah tempat yang ajaib dan akan kita lewatkan. Kita juga akan rindu dengan minimnya jumlah nyamuk akibat asinnya air payau di hutan bakau.

Tim kami di trotoar baru di Hiron Point. Tidak ada binatang, tapi banyak kesenangan setelah kerja keras.
Masud, Austin dan Tanvir menikmati minum kelapa hijau dalam perjalanan kembali ke Bawali dengan perahu pedesaan.